Translate

Selasa, 07 Juli 2015

Pengertian dan Cara Mengakses Jaringan 4G LTE



Belakangan ini kita sering mendengar istilah 4G LTE diacara telivisi dan iklan. Dan nyatanya masih banyak orang yang belum tau tentang apa itu 4G LTE dan bagaimana caranya agar dapat mengakses jaringan 4G LTE ini. Berikut ini saya ulas tentang semua yang saya tau mengenai 4G LTE, walaupun sampai saat ini saya sendiri belum bisa menikmati 4G LTE.

Mengenai arti, jaringan 4G LTE  (Long Term Evolution) adalah sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi yang berbasis pada jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA (sumber : wikipedia)

Jaringan 4G LTE ini menawarkan kecepatan download (unduh) hingga mencapai 300 Mbps dan kecepatan Upload (unggah) hingga 75 Mbps. Jauh lebih cepat dan efesien dari jaringan 3G, bukan ? Bayangkan saja Streaming video di Youtube dan download file-file berukuran besar akan jadi lebih lancar dan cepat.

Nah, kalian pasti ingin mencoba Jaringan 4G ini kan ? Namun ada beberapa hal yang harus kalian persiapkan jika ingin mengakses jaringan super cepat ini.

Pertama, Kalian harus memastikan bahwa Smartphone atau perangkat yang akan kalian gunakan sudah mendukung konektivitas jaringan 4G LTE. Jika perangkat kalian tidak mendukung dan kalian ingin membelinya, jangan khawatir karna di Indonesia sudah banyak yang menjual perangkat yang mendukung konektivitas jaringan 4G LTE.

Kedua, yang tidak kalah penting adalah lokasi atau daerah yang kalian tempati sudah terjangkau oleh konektivitas jaringan 4G LTE. Karna hingga tanggal 07/07/2015, beberapa operator seluler di Indonesia hanya meyediakan layanan 4G LTE dibeberapa kota saja. Ini daftarnya.
- Jaringan 4G LTE Telkomsel : Makasar, Jakarta, Bali, Bandung, Semarang dan Medan.
- Indosat : Balikpapan, Jakarta, Bali, Bandung, dan Yogyakarta.
- XL : Lombok, Bandung, Bali, Surabaya, Semarang, Medan, dll(selengkapnya bisa diliat di XL.co.id).
Semoga kedepannya seluruh daerah di Indonesia bisa terjangkau Konektivitas 4G LTE.

Ketiga, kalian harus memiliki Sim Card/Kartu Perdana yang mendukung konektivitas 4G LTE. Untuk mendapatkannya kalian tinggal datang ke Outlet Operator terdekat dan "tukarkan" Sim Card kalian yang lama dengan Kartu Perdana 4G LTE

Keempat, jika kalian telah melengkapi persyaratan diatas maka langkah terahkir yang harus kalian persiapkan adalah membeli paket internet 4G LTE. Masalah harga tergantung dari operator seluler mana yang kalian pilih, karna setiap operator menyediakan harga yang berbeda beda.

Itulah informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. Dan bagi kalian yang belum bisa menikmati 4G LTE (termasuk saya), saya doakan semoga kalian bisa segera menikmatinya. (Amin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar